Betawi, kini Jakarta, tentunya memberikan banyak cerita. Sebagian dari cerita itu akan ditemukan di blog sederhana ini. Jauh dari sempurna, pasti. Maka komentar dan pendapat anda sebagai pembaca sangat dinanti. Terima kasih dan selamat membaca.

Kamis, 07 Februari 2013

BA'DA LOHOR



"Elu kok belom berangkat ke rumah encang lu, bawain kue nyang tadi dibeli emak?" tanya mpok kepada adeknya.
"Ntar, jam 12-an, mpok" jawab si adek.
"Luh mao ngapain di sono jam segitu. Lu tau enggak, tahlilannya  kan ba'da lohor, jadi lu mesti di rumah encang sebelom lohor, bantu nyiapin makanan buat tahlilal," kata si mpok panjang lebar.
"Ooh gitu ye...iye dah mpok, aye berangkat sekarang yee..," jawab si adik.

Ba'da lohor. Itu hanya salah satu contoh. Sebagian masyarakat Betawi, suku asli Jakarta, masih menggunakan ukuran waktu seperti itu pada saat ini. Ba’da lohor artinya waktu setelah masuk saat shalat Zuhur, yang biasanya sekitar jam 12-an siang. 


Kebiasaan menyebut ukuran waktu tertentu seperti itu, biasa dipake buat nunjukkin kapan suatu kegiatan dilaksanakan. Tidak ada kepastian jam. Namun biasanya masyarakat pengguna ungkapan itu paham kapan suatu kegiatan itu dilaksanakan.


Buat generasi muda Betawi, juga barangkali generasi muda lainnya, ungkapan tersebut membingungkan. Sebagian dari mereka pasti kemungkinan menanyakan kapan persisnya waktu ba’da lohor itu.
Generasi muda Betawi saat ini udah menggunakan jam buat nunjukin ukuran waktu. Mereka misalnya udah jarang ngegunain ba'da lohor buat nunjukin waktu seusai shalat Zuhur. Mereka lebih suka pake misalnya jam setengah satu atau jam satu. 


Buat mereka, sambil bercanda, muncul pemahaman bahwa ba'da lohor itu bisa diartikan sesudah shalat Zuhur  yang artinya bisa Ashar, bahkan Maghrib atau kalau menggunakan jam artinya bisa jam setengah empat atau jam enam malam. Jam buat generasi muda Betawi sepertinya lebih pasti.


Ungkapan itu digunakan mungkin karena pada zaman dulu, jam merupakan barang mewah dan jarang yang punya. Jadi, masyarakat penggunanya menggunakan ukuran waktu shalat atau suasana pada saat itu seperti tengari bolong.


Tentang kepastian kapan waktu yang dimaksud, mungkin karena sering digunakan lalu muncul kesepakatan secara otomatis dan alami. Jadi, buat mereka tidak ada masalah. Apalagi, dalam kegiatan tertentu misalnya kumpul sebelon ngebesan, terkadang dibantu dengan memasang petasan.


Nah, masih perlu enggak sih kita pake ungkapan seperi itu?

Kayaknya sih sebaiknya generasi muda Betawi, tetap gunakan ungkapan seperti itu karena udah tradisi orang Betawi. Sayang kalo tradisi yang sudah menjadi ciri khas Betawi enggak dipakai, bisa-bisa nanti dilupain.


Kan kita sekarang udah banyak jam dan gimana dengan kepastian jamnya kalo kita gunain ungkapan kayak gitu. Yaaah..mungkin kalo kita sering pake lama-lama juga paham. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar